Jumat, 22 April 2016

Bagaimana Cara Budidaya Kelengkeng New Kristal Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Bagaimana Cara Budidaya Kelengkeng New Kristal Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Dapatkan Bibit Tanaman berkualitas dengan harga yang murah

Bagaimana Cara Budidaya Kelengkeng New Kristal Yang Dapat Berbuah Sepanjang Tahun Tanpa Mengenal Musim

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal merupakan tanaman pohon berkayu, batang tanaman tumbuh ke arah atas dan kadang-kadang pada batangnya turun dan merunduk pada menempel pada tanah. Tanaman Kelengkeng Memiliki Jenis akar tunjang ke arah dalam tanah, perawakan daun berwarna hijau tua, daun berbentuk bulat lonjong memanjang atau bulat dengan bagian ujungnya lancip, pertualngan daunnya tidak sejajar, bunga berada dalam 1 tangkai dengan buahnya bertandan.

Bibit Kelengkeng Hawai Matalada

Bibit Kelengkeng Hawai Matalada

Kelebihan Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal adalah daya tahan bunga dan buah dari terpaan hujan dan terik matahari. dengan demikian para petani dapat mengatur masa waktu berbuah tanaman buah kelengkeng new kristal sepanjang tahun tanpa khawatir buah gugur.
Buah Kelengkeng New Kristal apabila masih muda berwarna coklat serta jika sudah tua dan siap panen maka beuhnya berwarna coklat tua. buah Kelengkeng New Kristal berbentuk bulat penuh dengan daging buahnya teras manis sekali.

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

  • Tanaman Kelengkeng New Kristal tumbuh secara baik pada wilayah rendah atau dataran tinggi dengan ketinggian lahan yang dianjurkan 400 -1.200 mdpl.
  • Tanaman Kelengkeng New Kristal ini sangat cocok sekali apabila ditanaman pada jenis tanah grumosol, laktosol, andosol dan tanah lempung berpasir, suhu lingkungan 20-33 derajat celcius.
  • Kelembapan udara yang baik dengan rentang 50-90 % dengan curah hujan 1.100-1.500 mm/tahun.
  • Tanaman Kelengkeng New Kristal menghendaki PH tanah yang ideal bagi tanaman kelengkeng yakni 5,0-6,6
  • Tanaman Kelengkeng New Kristal membutuhkan sinar matahari penuh. cahaya matahari langsung dilahan terbuka penting diberikan pada tanaman ini agar mengakibatkan pertumbuhan tnaman semakin cepat. juga merangsang dalam proses pembentukan bunga, dan menghasilkan buah yang cukup lebat. selain itu komponen cahaya matahari sangat baik dalam menunjang pertumbuhan tunas akar dan batang.
Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal

Tahapan-Tahapan Dalam Budidaya Kelengkeng New Kristal

Agar produksi panen Tanaman buah Kelengkeng New Kristal melimpah ruah, tentunya harus memperhatikan langkah dalam penanaman dan perawatan Tanaman buah Kelengkeng New Kristal. Ada beberapa kiat dalam budiaya Tanaman buah Kelengkeng New Kristal agar berbuah lebat dan menguntungkan antara lain : 1). Pemilihan Bibit, 2). Pengolahan Tanah Tanam Kelengkeng, 3). Cara Penanaman Secara Terencana, 4). Perawatan Dasar Tanaman Kelengkeng, 4). Kegiatan Panen

Adapun Penjelasan Tahapan budidaya tanaman buah Kelengkeng New Kristal agar cepat berbuah sebagai berikut :
1. Pemilihan Bibit

  • Pilihlah batang yang terlihat segar daunnya, jangan terlalu banyak cabang, dan tidak terserang hama (ulat, jamur).

2. Pengolahan Tanah Tanam Kelengkeng dan Cara Penanaman Secara Terencana
Pengolahan lahan Tanaman buah Kelengkeng New Kristal meliputi pencangkulan secara manual pada area lahan baik diperkebunan atau pekaran rumah.

  • Langkah pertama adalah membuat lubang tanaman berbentuk persegi (bujur sangkar) pada lahan yang dipilih dengan ukuran panjang x lebar x tinggi berturut-turut 100cm x 100cm x 40 dengan jarak 2×2 meter sampai 7×7 meter (disesuaikan dengan kebutuhan lahan yang ada).
  • Selanjutnya bagian dalam lubang tanam yang telah digali tanahnya ditambahkan pupuk kandang dari kotoran hewan ternak sebanyak 2 kg untuk masing- masing lubang tanam, kemudian biarkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum ditanami. Ini untuk memastikan pupuk kandang terserap sempurna dalam tanah, dan kondisi unsur hara tanah stabil setelah dilakukan penggalian.
  •  Kemudian Tanam Bibit Kelengkeng dengan melepas bibit kelengekeng dari wadah/ pot polybag, segera tanamlah langsung bibit kelengkeng tersebut pada lubang yang disediakan,
  •  kemudian padatkan tanah dengan menggunakan bekas galian disekitar bibit, namun terlebih dahulu tambahkan pupuk kandang sebagai campurannya.
  • Siram Tanaman buah Kelengkeng New Kristal dengan air bersih tiap pagi dan sore.
  • jangan lupa beri bibit tersebut penyangga (bisa dibuat dari pohon bambu yang dipotong) dan ditegakkan disekitar tanaman, selajutnya batang tanaman diikat pada tiang penyangga supaya tanaman tidak mudah roboh.
  • pastikan penanaman Bibit tanaman buah kelengkeng New kristal diarea yang memiliki ketercukupan cahaya matahari sepanjang hari supaya proses fotosintesis Tanaman buah Kelengkeng New Kristal berjalan optimal serta mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman ke arah yang jauh lebih baik.

3. Perawatan Dasar Tanaman Buah Kelengkeng New Kristal
Proses Perawatan Tanaman buah Kelengkeng New Kristal meliputi beberapa tahapan antara lain :

  • a. Penyiraman Tanaman buah Kelengkeng New Kristal – bertujuan untuk memastikan bahwa tanaman kelengkeng terbebas dari adanya aktivitas pertumbuhan rumput liar yang terlalau banyak (gulma Parasit). Apabila ada gulma di area tanaman kelengkeng maka sebaiknya segera di koret atau dicabut samapai pada akarnya supaya tidak tumbuh lagi
    jika gulma yang tumbuh disekitar tanaman sangat banyak tentunya akan terjadi perebutan nutrisi (unsur hara) didalam tanah. akibatnya pertumbuhan kelengkeng semakin terhambat. dan ujung-ujungnya perlahan organ tanaman misalnya batang akan kurus, daun akan megalami nekrosis (ditandai dengan daun berwarna kuning pucat, daun mudah rontok, kemudian lama-kelamaan akan mati.
  • b. Pengemburan Lahan Tanam – yakni dengan cara mengcangkul perlahan dan tidak terlalu dalam di area tanah penanaman supaya tanah yang sudah padat kembali gembur agar ketika terjadi hujan atau waktu disiram, air akan mudah meresap ke dalam akar tnaman, sehingga mempengaruhi proses pembentukan bunga, daun, batang, serta buah kelengkeng. penggemburan tanah dilakukan pada usia 2,5 – 4 bulan, terhitung sejak usia tanam awal.
  • c. Pemangkasan atau Perempelan – Pemangkasan /perempelan bertujuan untuk membentuk kanopi serta meningkatkan produktivitas Tanaman buah Kelengkeng New Kristal agar cepat berbuah lebat dan menguntungkan.
    Proses Pemangkasan dilakukan saat usia tanaman menginjak umur sekitar 3-4 bulan dengan cara mengambil 4-6 tunas saja, selebihnya dapat dipangkas. 4-6 tunas yang sudah dipilih kemudian dipelihara sampai umur tnaman mencapai usia 1 tahun. apabila usia 1 tahun terdapat tunas-tunas baru di area ketiak batangnya, maka dapat dipotong dengan meninggalkan 3-4 tunas saja. pemangkasan selanjutnya dilakukan tiap 1 tahun sekali dan caranya sama seperti pemangkasan kedua.
  • d. Peningkatan Kualitas dan kuantitas Tanaman buah Kelengkeng New Kristal – Dapat di tempuh dengan pemberian hormon giberelin untuk merangsang proses pembungaan dan pembentukan buah yang komplit.
    Penggunaan hormon giberelin harus mengikuti dosis yang tepat dan disesuaikan dengan umur tanaman kelengkeng yakni idealnya diberikan penyemprotan hormon giberelin pada saat tanaman sudah menandakan ciri-ciri terjadinya pembungaan pada tiap tanaman.
  • e. Pemupukan – Tanaman buah Kelengkeng New Kristal yang telah dewasa akan menunjukkan ciri pertumbuhan primiernya seperti daun menjadi banyak, adanya proses pembungaan dan muncul buah bertandan -tandan, batang nampak kokoh dan terkadang merunduk ke lantai tanah. Pemupukan penting dilakukan tiap 2 bulan sekali selama 1 tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya supaya tanaman tetap terpelihara secara baik, dan pada akhirnya proses pembuahan kelengkeng semakin dinikmati dalam jangka waktu yang cukup lama.
    Pemupukan dilakukan dengan menambahkan pupuk organik (pupuk kandang / kompos) ke bagian tanaman dengan cara disebarkan di area pusat tumbuh tanaman (1 tanaman = 2,5 pupuk kandang). sementara itu, lakukan juga pemupukan anorganik susulan secara berseling dengan pupuk dengan pupuk kandang tiap 2 bulan sekali, yakni dengan mengguakan pupuk Urea, KCI, TSP.
    Cara pemberian pupuk anorganik yaitu dengan telebih dahulu membuat lubang larikan secara melingkar di area pusat tanaman, lalu masukan pupuk anorganik ke dalam lubang larikan, kemudian larikan ditutup dengan tanah hasil galian larikan. utamakan keselamatan tanaman saat pemberian ppuk anorganik yakni jangan terlalu dekat dengan akar tanaman (minimal jarak 30 – 35 cm) agar akar tanaman tidak mudah rusak /mati.
    Pemberian kedua jenis pupuk ini jika dilaksanakan secara teratur dan terjadwal akan semakin memperbagus produktivitas hasil pertanian, termasuk membuat tanaman kelengkeng cepat berbuah lebat dan menguntungkan bagi petani.

 

4.Kegatan Panen
Tanaman buah Kelengkeng New Kristal biasanya akan berbuah setelah berumur 1 tahun – 2 tahun setelah penanaman. Sebaiknya kegiatan buah kelengkeng dilakukan secara berjenjang ( bertahap sesuai dengan tingkat kematangan buahnya ) sebab dalam satu pohon tidak masak secara bersamaan.

Buah Kelengkeng new kristal

Buah Kelengkeng new kristal

  • Pada masa pemanenan awal, biasanya hasil kelengkeng tidak terlalu banyak , kisaran 20 – 50 buah pertanaman, namun menginjak pada panen berikutnya akan terus bertmbah bahkan menjadi dua kali lipat dan seterusnya.
  • Cara memanen kelengkeng yang benar dapat dilakukan dengan memotong tangkainya, jangan hanya memetik buahnya. Cara ini dipercaya dapat mempertahankan kelengkeng agar tetap berbuah banyak di musim selanjutnya.

Demikian sajian informasi dari kami, Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam cara membudidayakan tanaman buah Kelengkeng New Kristal. Anda berminat untuk membudidayakan tanaman buah Kelengkeng New Kristal dirumah anda? kami siap membantu anda dengan menyediakan tanaman Bibit Buah berkualitas dengan harga murah. Kami siap kirim kirim ke seluruh Indonesia.

Untuk Informasi Harga dan Pemesanan Bibit Tanaman Buah, Silahkan hubungi Customer Service kami.

Related
cara budidaya kelengkeng new kristal, cara tanam kelengkeng new kristal, cara budidaya bibit buah kelengkeng new kristal, kelengkeng new kristal, Tanaman buah New kristal, bagaiman cara budidaya kelengkeng new kristal cepat berbuah, kelengkeng new kristalepat berbuah, Harga Kelengkeng new Krital, Jual Kelengkeng New Kristal, Jual Tanaman buah new Kristal, Jual Bibit Tanaman buah new Kristal, Syarat Tumbuh Buah Kelengkeng New Kristal, Tahapan Budidaya Kelengkeng New Kristal, Pemilihan Bibit kelengkeng new kristal, Pengolahan Tanah Tanam kelengkeng new kristal, Perawatan Dasar kelengkeng new kristal, Kegiatan Panen Tanaman buah kelengkeng new kristal,



from jualbenihmurah.com http://ift.tt/26iqI9a
jualbenihmurah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar