Senin, 23 Mei 2016

Cara Budidaya Tanaman Buah Nangka Untuk Tumbuh Dengan Baik dan Agar Mampu Berbuah Cepat

Cara Budidaya Tanaman Buah Nangka Untuk Tumbuh Dengan Baik dan Agar Mampu Berbuah Cepat

Dapatkan Bibit Tanaman berkualitas dengan harga yang murah

Cara Budidaya Tanaman Buah Nangka Untuk Tumbuh Dengan Baik dan Agar Mampu Berbuah Cepat

Tanaman Buah Nangka merupakan salah satu jenis tanaman buah asli dari negara dengan iklim tropis yang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. buah nangka memiliki karakteristik yang khas dengan ukuran buah yang besar, warna buah berwarna kuning merona dan aroma yang nikmat yang pastinya tak kalah dengan buah durian. Buah nangka memiliki bentuk buah oval dengan kulitnya bergerigi seperti buah duren namun ukurannya durinya pada kulit nangka tidak sebesar durian. Buah nangka yang sudah masak memiliki aroma yang khas dan dapat dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, buah nangka juga mampu diolah menjadi berbagai macam produk kuliner diantaranya : dodol nangka, atau kolak nangka. Bahkan nangka yang masih mudapun bisa diolah menjadi sayuran yang menjadi ciri khas jenis makanan pada daerah-daerah tertentu.

Buah Nangka sebenarnya berasal dari India dan melalui jalur perdagangan selama beberapa abad disebarluaskan ke berbagai daerah lain di dunia termasuk Indonesia. Dalam perkembangannya Buah Nangka memiliki beberapa jenis diantaranya adalah nangka bubur, Nangka Madu, Nangka Mini dan cempedak. dimana masing- masing memiliki tingkat kemanisan dan juga ketebalan daging buah yang berbeda.

Budidaya buah Nangka

Budidaya buah Nangka

Hampir semua bagian dari buah nangka bermanfaat bagi kehidupan kita. Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran. Tepung biji nangka digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran). Daun buah nangka muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Kayu buah nangka digunakan sebagai pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, dayung, perkakas & alat musik. Pohon nangka juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Dengan segala keuntungan yang kita dapatkan dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka sebagai komoditi ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka agar cepat menghasilkan buah dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini: pemilihan bibit, Menyiapkan Lahan Tanam, Menanam Bibit Pohon Nangka, Merawat Pohon Nangka.

Syarat Tumbuh Buah Nangka
1. Iklim

  • Pohon nangka cocok tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm & musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka dapat tumbuh di daerah kering yaitu di daerah-daerah yg mempunyai bulan-bulan kering lebih dari 4 bulan
  • Sinar matahari sangat diperlukan nangka untuk memacu fotosintesa & pertumbuhan, karena pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan terganggunya pembentukan bunga & buah serta pertumbuhannya.
  • Rata-rata suhu udara minimum 16-21 derajat C & suhu udara maksimum 31- 31,5 derajat C.
  • Kelembaban udara yg tinggi diperlukan untuk mengurangi penguapan.

Media Tanam

  • Pohon nangka dipelihara di berbagai tipe tanah, tetapi lebih menyenangi aluvial, tanah liat berpasir/liat berlempung yg dlm & beririgasi baik.
  • Umumnya tanah yang disukai yaitu tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus sampai subur dengan kondisi reaksi tanah asam sampai alkalis.
  • Bahkan pada tanah gambutpun pohon ini dapat tumbuh & menghasilkan buah.
  • Pohon nangka tahan terhadap pH rendah (tanah masam) dengan pH 6,0-7,5, tetapi yg optimum pH 6–7.
  • Kedalaman air tanah yg cocok bagi pertumbuhan nangka adalah 1-2 m atau antara 1-2.5 m. Karena perakarannya sangat dalam, maka sebaiknya ditanam pada tanah yg cukup teball lapisan atasnya (kira-kira 1 m).

Ketinggian Tempat

  • Pohon nangka dapat tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yang terbaik untuk pertumbuhan nangka adalah antara 0-800 m dpl.
Buah Nangka

Buah Nangka

Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam budidata tanaman buah angka agar mamapu berbuah.

1. Pemilihan Bibit
Pada Tahapan ini, Bibit harus berasal dari jenis atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah berkualitas baik, berumur panjang & tahan terhadap hama & penyakit). Bibit harus sehat yg dapat dilihat dari sosoknya yg kokoh, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak serta daun bagian atas berwarna hijau segar & mengkilap. Proses pemilihan bibit lebih baik memilih bibit dari hasi cangkok, okulasi dan stek. karena bibit tanaman buah nangka jenis ini memiliki keunggulan dengan lebih cepat berbuah.

2. Pengolahan Media Tanam
Faktor-faktor yg mempengaruhi pertumbuhan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, struktur serta pola tekstur tanah harus dibenahi/dikendalikan. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan penyaiapna media tanamn antara lain :

  • – Pembentukan Bedengan
    Ukuran bedengan beragam tetapi biasanya digunakan antara 5 x1 m atau 10 x 1 m.
    Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu serta permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah.
    Antar bedengan berjarak 0,45 m & setiap 5-10 m bedengan dibuat jalan pemeriksaan sekitar 60-100 m.
    Saluran air dibuat sepanjang kiri kanan pemeriksaan.
    Bedengan diberi naungan dengan atap nipah atau sarlom. Bagian yg menghadap ke timur dibuat lebih tinggi daripada yg menghadap ke Barat.
    Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yg sudah diisi media tumbuh & sudah diberi lobang-lobang kecil di bagian bawahnya. Media tumbuh yg digunakan campuran tanah lapisan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2:1:1. Ukuran kantong plastik yg digunakan 20 x 30 cm dengan tebal 0,08 mm & berwarna hitam.
  • – Pengapuran
    Apabila pH tanah bersifat terlalu asam atau basa maka perlu dilakukan beberapa upaya agar nangka bisa tumbuh & memberikan hasil yg optimal. Apabila terlalu asam (pH<5) dapat ditambahkan kapur, jika terlalu basa (pH>7)bisa ditambahkan belerang. Dosis yg dipakai tergantung pada kondisi tanahnya namun sebagai pedoman 1 kg kapur atau belerang untuk 1 m 3 lobang tanam.
  • – Pemupukan
    Pada lobang tanam, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk kandang 20 kg/lubang & dolomit 0,5 kg/lubang (untuk menaikkan pH). Tanah campuran ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. Seminggu sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gram ke dlm lubang penanaman.
Cara menanam nangka

Cara menanam nangka

3. Teknik Penanaman

  • – Penentuan Pola Tanam
    Pohon nangka yg dipelihara di kebun buah jarak tanamnya 8 – 12 m, dalam pola segi empat atau segi enam: kepadatan yang umum adalah 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam dibuat dengan ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m atau 1 x 1 x 0,5 m. Pada saat penggalian lubang tanam, tanah bagian atas dipisahkan dari tanah bagian bawah. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang yg sudah matang sebanyak 20 kg per lubang. Lubang tanah yg telah digali dibiarkan terbuka selama 1-2 minggu, agar mendapat sinar matahari sehingga teroksidasi dengan baik. Untuk menghindari kendala tanah asam, tanah galian dicampur dengan dolomit/kapur pertanian sebanyak 0,5-1 kg per lubang tanam & tanah campuran ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. Untuk tanah yg terlalu berat, selain pengolahan tanah dapat pula ditambahkan pasir sebanyak 0,5 kaleng per lubang. Seminggu sebelum tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gram ke dlm lubang penanamn apabila perlu. Bibit hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kokoh ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.
  • – Cara Penanaman
    Penanaman dilakukan sore hari atau pagi hari pada permulaan musim penghujan yaitu saat curah hujan sudah cukup merata. Bibit ditanam pada lubang yang sudah tersedia, tegak lurus. Sebelum bibit ditanam, kantong plastik harus dibuang. Kalau penanaman dilakukan di luar musim penghujan atau karena adanya kelainan iklim, yaitu musim hujan tiba-tiba berubah menjadi kemarau lagi, maka bibit yang telah ditanam perlu disiram secara teratur.
  • – Pembuatan Lubang pada Mulsa
    Pemberian mulsa di sekitar pohon nangka sangat perlu; terutama pada saat musim kemarau untuk meningkatkan kelembapan tanah. Namun pada musim hujan mulsa tidak diperlukan karena dapat mendatangkan serangan jamur. Mulsa juga dapat dimasukkan ke dlm tanah sebagai pupuk organi, pemberian dua kali per tahun sangat membantu pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk dilakukan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

4. Pemeliharaan Tanaman

  • – Penjarangan & Penyulaman
    Penyulaman tanaman yang mati dilakukan pada saat hujan masih turun di tahun pertama & tahun kedua.
  • – Penyiangan
    Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu dilakukan dengan cara membersihkan gulma secara manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Pengendalian gulma secara kimiawi menggunakan herbisida misalnya Paracol 1,5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dilakukan 1-2 bulan setelah penanaman, selanjutnya setiap 2-4 bulan dilakukan selama 2-3 tahun. Penyiangan dilakukan dengan cara manual atau kimiawi.
  • – Pemupukan
    Pemberian pupuk organik berupa pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dilakukan satu minggu setelah penanaman dengan dosis 100 gram NPK per tanaman. Pemupukan kedua pada umur 6 bulan dengan dosis 150 gram NPK per tanaman. Pemupukan ketiga dilakukan pada tanaman umur 12 bulan dengan dosis 200 gram per tanaman. Pemupukan keempat pada umur 18 bulan dengan dosis 250 gram per tanaman & pemupukan kelima dilakukan pada tanaman umur 24 bulan dengan dosis 300 gram per tanaman. Selanjutnya bagi tanaman yg sudah berbunga pada lahan tidak subur dapat ditambahkan pupuk organik 650 gram/pohon.
    Untuk meningkatkan tanaman diperlukan tambahan pupuk daun guna merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun dilakukan selang 2 minggu sampai tanaman umur 17 bulan. Jenis pupuk daun yg digunakan Gandasil D/Bayfolan.
  • – Pengairan & Penyiraman
    Tanaman nangka membutuhkan drainase yg baik. Pengairan ini diperlukan untuk meningkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka memiliki perakaran dalam, tidak membutuhkan penggenangan pada saat musim kemarau karena tanaman nangka kurang toleran terhadap genangan. Akarnya masih mampu meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air tambahan diperlukan selama dua tahun pertama pertumbuhannya.
  • – Pemeliharaan Lain
    Pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yg tidak subur & tidak produktif. Pemangkasan cabang dilakukan terhadap pohon nangka yg bertajuk rimbun agar sinar matahari tidak terhalangi sehingga merangsang perbungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk ketika pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg mengandung buah agar memudahkan mencapai buah untuk dibungkus & kemudian dipanen. Pemangkasan cabang dimaksudkan untuk mengatur pembuahan, karena bunga betina muncul pada batang utama atau cabang primer. Perangsangan pembungaan dilakukan dengan cara melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan untuk menghambat hasil asimilasi daun agar tidak meyebar ke seluruh bagian tanaman, melainkan untuk merangsang pembungaan. Agar buah nangka hasilnya baik & besar, lakukan penjarangan buah. Buah yang mulai membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg sudah dicelupakan ke dalam larutan insektisida. Tindakan ini dapat menghalangi serangan tikus atau kelelawar, & memikat semut yg dapat mengusir serangga lain sehingga diperoleh buah yg kulitnya mulus & cerah.
Hasil Buah Nangka

Hasil Buah Nangka

Tanaman Buah Nangka

Tanaman Buah Nangka

5. Panen Nangka
Bibit buah nangka hasil okulasi akan menghasilkan buah pada umur 3-4 tahun. Pemanenan dilakukan jika buah sudah masak yang ditandai dengan muncul bau harum dan juga ukuran duri-duri pada kulit nangka sudah mulai membesar. Hasil buah per tahun per pohon beragam umumnya berkisar 8-12 buah / pohon / tahun.

Kematangan buah ditentukan melalui kriteria sebagai berikut:

  • Apabila buah tersebut dipukul-pukul dengan benda (misalnya punggung pisau) akan berbuyi nyaring.
  • Perubahan warna kulit buahnya dari hijau pucat ke kuning kehijau-hijauan atau kecoklat-coklatan.
  • Mengeluarkan bau yg khas atau aromanya harum.
  • Durinya mulai lunak & jarak satu duri dengan duri lainnya semakin lebar
  • Kulit buah terlihat seperti akan pecah.

Bagi para pemula atau orang yang ingin mencoba untuk memulai membudidayakan tanaman buah nangka. Saat ini sudah banyak dikembangkan bibit pohon nangkayang dapat ditanam dalam pot dan juga dapat menghasilkan buah dalam usia tanam sekitar 2 tahun saja. diantaranya bibit buah nangka madu dan bibit buah nangka mini. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi para pecinta tanaman, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat menikmati pohon nangka yang cepat berbuah.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya pohon buah nangka agar cepat menghasilkan buah. Semoga informasi tersebut semoga dapat menambah wawasan kita dalam membudidayakan tanaman buah nangka.

 

 

 

 


Related
cara budidaya nangka, cara budidaya nangka madu, cara budidaya nangka mini, cara budidaya nangka agar cepat berbuah, cara budidaya nangka Tabulampot, tips budidaya nangka, Tips cara budidaya nangka agar cepat berbuah, cara menanam bibit nangka madu, cara budidaya bibit nangka mini, cara budidaya bibit nangka mini tabulampot, bibit nangka madu, bibit nangka mini, budidaya nangka madu, budidaya nangka mini, cara budidaya nangka madu Tabulampot, cara budidaya nangka mini Tabulampot, budidaya tabulampot nangka madu, budidaya tabulampot nangka mini, tips menanam nangka madu, tips menanam nangka mini,



from Jual Benih Murah http://ift.tt/1TIvmrC
jualbenihmurah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar