Jumat, 03 Juni 2016

5 Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Budidaya Tanaman Kayu Sengon/Albasia Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

5 Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Budidaya Tanaman Kayu Sengon/Albasia Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Dapatkan Bibit Tanaman berkualitas dengan harga yang murah

5 Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Budidaya Tanaman Kayu Sengon/Albasia Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Tanaman Sengon atau biasa dikenal dengan istilah albasia merupakan salah satu jenis tanaman yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Tanaman yang memiliki nama Latin Albazia Falcataria, banyak dicari karena memiliki harga jual yang cukup tinggi. Bagian terpenting yang mempunyai nilai ekonomi pada tanaman sengon adalah bagian kayunya. Bagian kayu pohon sengon dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti uuntuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp, kertas dan lain-lainnya. selain itu daun pohon sengon juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Pohon Albasia sendiri mampu tumbuh mencapai tinggi sekitar 30 sampai 45 meter dengan diameter batang sekitar 70 sampai 80 cm. pohon sengon yang sudah besar memiliki bentuk batang yang bulat dan tidak berbanir. Kulit luar pohon sengon berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas. Tanaman yang satu ini memiliki akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggangnya dapat tumbuh menancap tanah cukup kuat. Sedangkan akar serabutnya tergolong tidak terlalu banyak. Selain itu, berat jenis pohon kayu sengon memiliki rata-rata 0,33 dan tergolong ke dalam kelas awet IV sampai V.

budidaya Sengon

budidaya Sengon

Pohon Kayu Sengon dapat tumbuh di dataran tinggi sampai ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. walaupun habitat pohon sengon dapat tumbuh dengan baik dan optimal antara 0 – 800 m dpl. Sengon termasuk jenis tanaman tropis, sehingga untuk tumbuhnya memerlukan suhu sekitar 18 ° – 27 °C. Tanaman sengon membutuhkan batas curah hujan minimum yang sesuai, yaitu 15 hari hujan dalam 4 bulan terkering, namun juga tidak terlalu basah, dan memiliki curah hujan tahunan yang berkisar antara 2000 – 4000 mm.

Tanaman kayu sengon memang begitu digemari karena harga jualnya yang lumayan tinggi. Dengan memnayangkan profit yang akan didapat dari budidaya pohon sengon dan perawatan yang sangat mudah membuat banyak orang untuk melakukan budidaya tanaman kayu sengon ini. akan tetapi, untuk dapat menghasilkan pohon kayu sengon yang berkualitas, kita perlu memperhatikan beberapa hal dalam budidaya pohon kayu sengon.

Bibit Sengon Solomon

Bibit Sengon Solomon

Berikut beberapa tahapan panduan budidaya tanaman kayu sengon agar mampu tumbuh besar dan menghasilkan kayu yang berkualitas

1. Pembibitan Sengon
Tahapan pertama yang harus kita dilakukan dalam budidaya tanaman sengon adalah mempersiapkan bibit. Bibit sengon bisa kita dapatkan dari biji. karena bisa dikatakan perkembangan tanaman kayu sengon cukup sulit dibudidaya dibanding dengan tanaman yang perkembangbiakannya bisa melalui setek atau okulasi.

Untuk mendapatkan bibit sengon yang berkualitas ada dua pilihan yaitu : Pertama, membeli bibit sengon disentra-sentra bibit, seperti Magelang, Purwokerto dan Cilacap. Atau pilihan kedua melakukan pembibitan sendiri. dalam hal ini kita merekomendasikan untuk mengambil pilihan yang pertama karena lebih efisien tenaga dan waktu.

2. Menyiapkan Lahan Tanam
Tahapan selanjutnya adalaha mempersiapkan lahan tanam. Lahan Tanam yang akan kita pakai untuk budidaya tanaman sengon sebaiknya adalah lahan datar yang subur dan dekat dengan sumber air.

Sebelum bibit pohon sengon ditanam pada lahan, sebaiknya lahan dibersihkan terlebih dahulu dari tanaman pengganggu atau gulma yang dapat menghambat pertumbuhan pohon sengon. Setelah itu bisa dilakukan pembajakan tanah untuk memperbaiki struktur tanah sebelum bibit sengon ditanam.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30cm x 30cm x 30cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi. Buat lubang yang sama dengan jarak 3-4 meter antar lubang, dengan kata lain bahwa ukuran penanaman sengon adalah 3 x 3 meter. Biarkan lubang selama 2-4 minggu sebelum ditanami.

Budidaya Pohon Sengon

Budidaya Pohon Sengon

3. Penanaman Pohon Sengon
Tahapan ketiga adalah Penanaman. Untuk memulai penanaman bibit sengon, terlebih dahulu harus dipersiapkan pembatas yang bisa dibuat dari bambu, atau biasa orang menyebutnya dengan ajir. Setelah itu buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm. Masukkan bibit dari tempat persemaian ke dalam lubang tanam. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.

4. Perawatan Pohon Sengon
Perawatan tanaman kayu sengon terbilang mudah. pohon kayu sengon hanya memerlukan 5 tahapan utama dalam perawatan pohon kayu sengon agar dapat tumbuh dengan baik. 5 tahap tersebut adalah penyiangan, penyulaman, pendangiran, penjarangan, dan pemangkasan.

Penyiangan adalah tahap dimana tanaman dibersihkan dari berbagai tanaman pengganggu seperti rumput ilalang dan gulma. Penyiangan harus dilakukan untuk menjaga petumbuhan sengon. Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit sengon yang mati dengan bibit yang baru agar nanti saat panen diperoleh hasil yang berkualitas. Pendangiran dilakukan untuk memperbaiki struktur tanah disekitar pohon agar pertumbuhannya bisa maksimal. Penjarangan dilakukan untuk memberikan ruang tumbuh bagi pohon sengon. Dan Pemangkasan dilakuakn untuk menghilangkan bagian pohon atau cabang yang tidak berguna.

5. Tahapan Panen Sengon
Tahapan terakhit dalam bidadaya pohon kayu sengon adalah Panen. Pada umumnya pohon kayu sengon yang sudah dewasa dan siap untuk dipanen kira-kira berusia 5 hingga 7 tahun, tergantung kebutuhan dan permintaan pasar. Kayu sengon yang telah dipanen bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang. Harga jual pohon sengon juga sangat kompetitif dan bisa dijadikan sebagai bisnis. Kisaran harga pohon sengon umur 5 tahun ke atas adalah sekitar Rp.400.000 – Rp. 750.000 tergantung dengan diameter dan tinggi batang.
Demikianlah informasi mengenai budidaya tanaman kayu sengon, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita yang ingin membudidayakan pohon kayu sengon. bagi anda yang berminat membudidayakan tanaman kayu sengon sebagai peluang bisnis ditempat tinggal anda, kami menyediakan berbagai bibit kayu sengon berkualitas unggul dengan harga murah. terima kasih.

 

 


Related
Jual Bibit Sengon Solomon, Jual Bibit Sengon Laut, Jual Bibit Pohon Sengon, Harga Jual Bibit Sengon Solomon, Harga Jual Bibit Sengon, Harga Jual Bibit Sengon Solomon 2016, Jual Bibit Sengon Solomon Bersertifikat, Jual Bibit Sengon Super, Jual Bibit Kayu Sengon, Jual Bibit Sengon Laut Terbaik Di Dunia, budidaya bibit sengon, budidaya bibit pohon sengon solomon, Jual Bibit Albasia, Jual Bibit Pohon Albasia, Bibit Pohon Albasia, cara tanam Bibit Sengon, Cara budidaya Bibit Sengon, cara tanam Bibit Sengon Solomon, Cara budidaya Bibit Sengon Solomon, cara budidaya Bibit Sengon Laut, cara tanam Bibit Sengon Laut, Bibit Sengon Solomon, bibit Albasia solomon, Jual bibit Albasia Solomon,



from Jual Benih Murah http://ift.tt/25EFBVw
jualbenihmurah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar